Senin, 21 Oktober 2013

BAHAN-BAHAN PERALATAN MASAK

2. Alumunium
Alat-alat dapur yang terbuat dari aluminium seperti panci, wajan, penggorengan mudah untuk hangus dan terkena noda karena terkena tumpahan kuah masakan. Berikut alternatif cara membersihkannya.
1. Ambil sepotong lap kecil yang bersih. Basahi dengan larutan kaliloog (bisa dibeli di apotik atau toko kimia). Gosok pada barang alimunium tersebut.
2. Kerak hangus pada dasar lapisan panci alimunium dapat dihilangkan dengan merebusnya di dalam air selama beberapa waktu.
3. Alat-alat yang terbuat dari alumunium jangan digosok dengan soda karena akan menipiskan lapisan alumuniumnya.
kaca
1.       Basahi piring dengan sedikit air 
2.       Taburi permukaan piring dengan baking soda
3.       Gosok - gosok dengan tangan semua permukaan yang hendak di bersihkan
4.       Diamkan sebentar
5.       Bilas hingga tidak licin lagi
6.       Lihatlah piringnya kembali bersih ( hampir mirip saat baru di beli )

2.Melamin
direndam dengan air panas, minyak yang menempel akan lepas dengan sendirinya. sedang untuk perawatan sehari-hari cukup dicuci dengan sabun seperti biasa
Jika anda menemukan perangkat dapur berbahan plastik atau melamin yang memiliki noda bandel sulit dihilangkan dengan sabun cuci piring biasa anda bisa coba dengan pemutih pakaian. Namun anda harus benar-benar membersihkan peralatan tersebut agar tidak ada sisa pemutih yang menempel karena sangat berhabaya jika masuk ke dalam sistem pencernaan kita. Caranya adalah dengan direndam dalam satu galon air hangat yang dicampur satu gelas pemutih selama kurang lebih 20 menit lalu bersihkan.
Peralatan makan saat ini sudah berkembang dan lebih variatif. Salah satu peralatan makan yang banyak digemari adalah yang berasal dari bahan keramik. Selain murah, peralatan makan dari bahan ini juga memiliki keragaman pola yang cantik. Nah, untuk memilih dan merawat peralatan keramik Anda agar tetap bagus, berikut tipsnya.

Peralatan makan keramik lapisan atau glazuur yang melapisi peralatan tersebut harus benar-benar aman untuk makanan. Pastikan pada pembuatnya. Pilih yang lapisannya halus, tidak banyak berpori-pori agar bahan makanan tidak mudah terserap atau 'mengendap' pada lapisannya.

Sebelum memilih, ada baiknya cek dahulu warna dominan pada koleksi peralatan makan yang sudah Anda miliki. Peralatan dari keramik bisa dipadukan dengan keramik halus. 

Pilih warna-warna netral yang mudah dipadu padan. Misalnya putih, cokelat terracota atau biru tua dan hitam. Dengan cara ini peralatan baru bisa dengan mudah dipadukan. Perhatikan juga koleksi taplak dan serbet yang sudah Anda miliki.

Khusus untuk peralatan makan yang besar seperti mangkuk sayur, juga air atau piring datar besar bisa juga Anda manfaatkan untuk mempercantik tata meja. Misalnya mangkuk besar bisa dipakai untuk buah segar, jug air bisa dipakai untuk vas.

Agar tahan lama, cuci peralatan makan keramik dengan air sabun yang hangat. Lap hingga kering dan usahakan jangan menumpuk terlalu banyak. Pastikan juga cukup ada ruang untuk mengambil atau menata karena keramik berlapis ini mudah sekali retak.
3.kayu
Talenan Kayu.
Talenan kayu rentan terhadap jamur karena sering digunakan untuk memotong daging atau ikan. Untuk merawat dan membersihkan talenan kayu in agar tahan lama dan bersih dari sisa potongan daging atau ikan, oleskan beberapa tetas minyak pada permukaan talenan lalu gosok dengan spons biasa. Setelah itu cuci dengan sabun dan bilas sampai bersih.
Agar talenan yang terbuat dari kayu bertahan lama dan bebas dari sisa potongan sayur/daging, oleskan dengan beberapa tetes minyak.
Untuk mencegah peralatan baru Anda yang terbuat dari kayu bebas dari bau makanan, rendamlah semalam sebelum digunakan dengan air yang telah diberi cuka putih.
Saringan yang terbuat dari metal akan cepat kering dengan cara memanaskannya ke dalam oven selama 2 menit. Gunakan sarung tangan untuk mengambilnya.
Gunting dapur yang tumpul akan tajam kembali dengan acara menggunting-gunting amplas.
Rebus air yang sudah dibubuhi cuka hingga mendidih di penggorengan yang baru sebelum digunakan. Hal ini mencegah makanan menjadi lengket saat digoreng.
Untuk mengecek timbangan akurat atau tidak, timbanglah beberapa jenis macam barang yang sudah pasti beratnya. Pilih barang yang sudah dipak seperti margarin, keju, dan lainnya. Umumnya, di kemasan tertera dengan jelas, berat bersih barang tadi.
Bersihkan peralatan makan yang terbuat dari plastik dengan merendamnya di dalam air yang dicampur baking soda selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.
Untuk membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari aluminium yang telah menjadi hitam, rebuslah + liter air yang matang, campur dengan 2 sendok krim tartar. Rebus selama 10 menit lalu gosok.
Taburkan tepung di atas tumpahan minyak atau lemak lalu gosok. Minyak atau lemak akan mudah lepas dan hilang. Tepung dapat meresap minyak dan mencegah pula menjalar ke tempat lain. Tapi ingat, jangan coba membersihkan dengan serbet kertas atau kain.
Untuk membersihkan parutan sehabis memarut keju, parutlah kentang yang masih mentah. Semua keju yang tersisa di lubang-lubang parutan akan terbawa.
Untuk membersihkan perabot dari plastik yang ternoda, rendam di dalam satu galon air hangat yang telah dicampur 1 mangkuk kecil pemutih. Biarkan selama 20 menit, setelah itu ambil dan cucilah dengan bersih. Terakhir, cuci seperti biasa dengan menggunakan sabun pencuci piring dan air hangat.
Sendok dan spatula kayu.
Untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada sendok dan spatula kayu, setelah digunakan segera rendam sendok atau spatula kayu ke dalam air yang telah diberi cuka selama satu malam. Setelah itu cuci dengan menggunakan air bersih lalu tiriskan sampai kering.
10.a.Blender
 kini sudah menjadi salah satu peralatan yang sangat umum dimiliki. Anda tentu tak ingin blender kesayangan Anda berwarna kecoklatan karena pencucian yang tidak sempurna. Ih,geli!
Ada cara mudah untuk membersihkan blender Anda. Masukkan campuran air hangat dan beberapa tetes sabun pencuci piring ke dalam blendernya. Nyalakan kembali blender tersebut selama beberapa menit. Pastikan bagian bawah blender tidak dalam kondisi basah! Setelah itu,buang bekas air cuciannya dan bilas.
Cara lain dengan memasukkan satu sendok makan baking soda ke dalam blender,campur air sedikit,lalu nyalakan blender anda beberapa saat. Baking soda akan mengangkat kotoran lemak yang menempel pada blender anda. Buang air bekas tersebut dan bilas blender anda sampai bersih.
b.mixer
Untuk mempercepat dan mempermudah proses pembersihan, Anda hanya harus merendam alat-alat tersebut ke dalam air hangat selama lebih kurang 15-20 menit. Air hangat tersebut akan melepaskan adonan dari alat, dan setelah itu, Anda hanya tinggal membersihkannya secara normal
Marmer
Bagaimana Cara - Membersihkan Marmer Lantai Rumah


Agar selalu tampil cemerlang, lantai marmer mesti dipoles marmer dan poles teraso secara teratur. Menggunakan mesin poles marmer dan poles teraso memang solusi yang terbaik, namun biayanya terlalu mahal.

Sebenarnya ada cara yang lebih murah dan mudah untuk mengkilapkan kembali lantai marmer anda. Pertama-tama, pel lantai dengan cairan pembersih lantai. Setelah kering, oleskan krim yang biasa digunakan untuk memoles badan mobil anda ke seluruh permukaan lantai marmer atau anda bisa hubungi jasa restorasi dan jasa kristalisasi marmer. Tunggu beberapa saat agar krim poles itu meresap.

Setelah dirasa cukup meresap, gosok lantai marmer dengan sabut cuci piring (spons yang berwarna hijau) sampai krim benar-benar hilang bisa juga dengan jasa restorasi dan jasa kristalisasi marmer. Bersihkan bekas krim dengan sapu, lalu pel lantai seperti biasa. Jika anda rajin mengulangi langkah ini setiap 2—3 bulan sekali, lantai marmer anda akan selalu kinclong seperti baru.
1.       Cuci bersih peralatan masak berlapis teflon setiap kali habis dipakai, Keringkan dan simpan di tempat yang kering.
2. Jangan merendam peralatan masak berlapis Teflon terlalu lama di dalam air karena akan mempercepat rusak lapisan Teflon. 
3. Cuci dengan air sabun menggunakan spon/busa yang lembut. Jangan pernah menggunakan abu gosok atau spon kasar kartena akan merusak lapisan Teflon. 
4. Jangan menggunakan alat pengaduk dari besi, aluminium atau stainless steel karena akan menggores lapisan Teflon. Gunakan sendok kayu atau pengaduk    berbahan plastik yang tahan panas.
5. Saat memasak, gunakan api sedang. Jangan menggunakan api terlalu panas karena akan menyebabkan lapisan Teflon cepat rusak.
6. Olesi seluruh permukaan alat dari Teflon saat pertama kali menggunakan alat masak dari Teflon.
7. Jangan langsung mencuci atau merendam peralatan berlapis teflon sewaktu alat masak masih dalam keadaan panas
8. Jangan siram Teflon dengan air panas lalu air dingin. Karena lapisan Teflon bisa langsung terelupas akibat perbedaan suhu yang terlalu drastis. 
9. Jangan memasak sampai gosong di atas teflon karena makanan gosong ini akan semakin meningkatkan panas yang memapar teflon.
10. Penggorengan Teflon dapat digunakan dengan suhu maksimal 250 derajat Celsius. Jika digunakan melebihi suhu makasimal bisa menyebabkan senyawa kimia yang terkandung di dalamnya menguap dan menghasilkan gas racun

1. Bahan Stainless Steel
Bahan ini mengkilap tapi semakin lama akan memudar. Sebaiknya peralatan dari bahan ini, dihindari dari cairan asam seperti cuka yang bisa merusak bagian dalam lapisan bahan tersebut.

 1. Lihat dulu alat/bahan berbasis besi/baja. mungkin kita bisa copot dulu komponennya.
2. Siapkan cairan kimia antara lain Asam klorida (HCl, Sp gr.1.19), cairan hexamethylene tetramine. Sebenarnya Asam klorida cukup bisa melarutkan karat namun harus ditambah cairan hexamethylene agar menghambat efek melarut hingga baja sendiri akan terlarut.
3. Siapkan juga tempat untuk mencelup benda kerja (beaker glass, plastik dll) dan ultrasonic cleaner kalau tidak bisa mungkin manual dengan menggoyang-goyang tempat.
4. masukkan 500 mL HCl dan 3,5 gr hexamethylene ke dalam tempat pencelup.
5. bahan berkarat dicelup dan digoyang dengan ultrasonic cleaner selama maks 10 menit ,temperatur 20 -25 oC (ruang)

6.Lihat secara manual kalau sudah bersih, angkat dan masukan ke dalam air bersih untuk mematikan reaksi secara cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar